Cara Mengurus Visa Liburan ke Korea Selatan

Posted on Apr 26 2017 - 5:00am by Zona Backpacker

Cara Mengurus Visa Liburan ke Korea Selatan | Datang ke tempat para artis tampan dan cantik khas Asia adalah hal menyenangkan. Salah satunya bisa dilakukan dengan berlibur ke Korea Selatan. Negara satu ini menjadi destinasi paling ramai di kalangan wisatawan Asia, salah satunya di Indonesia. Namun, berlibur ke negara tersebut tidak mudah. Kamu harus mengurus Visa supaya bisa berkunjung ke sana. Selain terkenal dengan hiburan Kpoponya, Korea ternyata memiliki beberapa destinasi wisata alam cukup menarik.

Cara Mengurus Visa Liburan ke Korea Selatan

Demi menikmati keindahan Korea Selatan, kamu harus mau meluangkan waktu untuk mengurus berbagai syarat administrasi mengurus Visa. berikut ini cara mengurus visa liburan ke korea selatan. Memang agak lumayan merepotkan, tetapi hal tersebut akan terbayarkan dengan keindahan dan serunya berlibur ke Korea Selatan.

Mengenai Pendaftaran dan Pengambilan Visa Korea

Sebelumnya, kamu harus mendaftar terlebih dulu. Waktu pendaftaran dan pengambilan Visa Korea bisa kamu lakukan pada pada jam 09.00 – 12.00 untuk pengajuan Visa Korea. Sedangkan, pengambilan Visa Korea pada jam 13.30~16.30.

Cara Mengurus Visa Liburan ke Korea Selatan1

Proses pengajuan Visa biasanya memakan waktu ± 5 Hari Kerja ( Proses bisa lebih dari 5 hari kerja bila kamu tidak menyerahkan dokumen lengkap). Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu perlu diwawancarai oleh pihak imigrasi.

Selama proses pengajuan Visa, paspor jangan sampai kamu gunakan untuk kepentingan lain. Hal ini supaya proses bisa lebih cepat. Proses pengajuan akan lambat bila ternyata ada beberapa berkas masih kurang. Paspor merupakan salah satu berkas valid yang dibutuhkan supaya kamu memperoleh Visa ke Korea Selatan.

Biaya Pembuatan Visa Korea (Updated 2016)

Biaya pengurusan Via Korea memiliki beberapa jenis, berikut ini beberapa biaya yang harus kamu persiapkan sebelum bisa berkunjung ke Korea, yaitu:

  • Single Visa (Visa Korea untuk kunjungan dibawah 90 hari) : IDR 544.000
  • Single Visa (Visa Korea untuk kunjungan diatas 90 hari) : IDR 840.000
  • Multiple Visa (Visa Korea untuk kunjungan berkali – kali berlaku untuk 3 tahun) : IDR 1.260.000
  • Double Visa (Visa Korea untuk 2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : IDR 980.000
  • Biaya Visa ini tidak bisa dikembalikan ketikan visa ditolak oleh pihak Kedutaan besar Korea Selatan. Karena biaya cukup mahal, maka persiapkan uang sebagai persiapan bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Lihat juga:

Persyaratan Dokumen Visa Korea (Update 2016)

Nah, berikut ini bebeberapa syarat yang harus kamu penuhi supaya bisa mendapatkan visa korea, diantaranya:

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan, pilih dua (Sebaiknya kamu memilih rekening koran tabungan dan slip gaji terakhir): Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI, Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank, Surat keterangan dan copy kartu membership golf, Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5, Surat keterangan pemegang program jamsostek, Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun.

Selain itu, pengajuan pun mensyaratkan pengguna untuk melampirkan form Pajak 1721 / Surat pernyataan di atas materai. Semua persyaratan ini sebaiknya kamu penuhi dan lengkapi supaya Visa bisa cepat selesai dan sukses. Itu tadi cara mengurus visa liburan ke korea selatan.

Baca juga: Tips Mengatur Budget Backpacker ke Singapura

Leave A Response