Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan

Posted on May 19 2017 - 8:52am by Zona Backpacker

Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan ~ Berlibur akan menjadi musibah bagimu ketika kamu tidak bisa mengatur pos-pos pengeluaran. Seringkali, kamu sebagai wisatawan tidak tahan untuk berblenaj dan makan-makanan khas di destinasi wisata.

Kondisi seperti demikian menjadi salah satu bau sandungan bagi setiap wisatawan. Oleh sebab itu, kamu butuh sekali namanya cara mengatur keuangan saat liburan. Untuk lebih kelasnya, berikut ini penjelasan mengenai cara mengatur keuangan saat liburan:

Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan

Cara Mengatur Keuangan Saat Liburan

Buat daftar kebutuhan

Daftar kebutuhan sangat wajib kamu catat sebelum kamu melakukan perjalanan wisata. Dengan membuat daftar kebutuhan, kamu bisa mengetahui dan sekaligus mengontrol pengeluaran selama liburan. Pembuatan catatan akan membuatmu memfilter, mana kebutuhan dan mana sekedar keiginan.

tiket pesawat ke bali

Dahulukan pos kebutuhan seperti tiket pulang pergi dan akomodasi. Apabila kamu ingin berbelanja, kamu bisa memasukkannya di kolom berikutnya. Setelah itu, kamu totoal seluruh pengeluaran. Apabila budgetmu lebih banyak dibanding dengan pengeluaran, kamu bisa menyisihkan sebagai uang darurat atau kamu gunakan untuk membeli kebutuhan lain di lokasi wisata.

Bawa uang cash secukupnya

Beberapa wisatawan memutuskan untuk membawa uang cash saja. Sedang kaan ATM sengaja ditinggalkan. Cara ini dipakai untuk mengontrol pengeluaran selama berlibur. Sebelum kamu melakukannya, kamuu harus cermat menghitung pengeluaran. Khusus bagimu yang tidak bisa mengendalikan diri selama berlibur, maka kamu wajib meninggalkan ATM.

Jangan sesekali kamu membawa ATM dan membawa uang cash dalam jumlah banyak. Alih-alih menghemat pos pengeluaran, kamu akan membeli semua benda yang ada di hadapanmu. Tentu ini amat tidak bagus sekali bagimu untuk berlibur.

Ajak teman yang suka berhemat saat liburan.

Nah, cara satu ini amat efektif untuk menghemat pengeluran. Tidak heran cara mengatur keuangan saat liburan ini kami masukkan ke nomer selanjutnya. Meski sangat sederhana, cara ini terbilang sangat efektif sekali untuk menghemat pengeluaran selama berwisata. Selain itu, berlibur bersama teman super hemat secara langsung akan menghemat jatah pengeluaranmu selama liburan berlangsung.  

Baca juga:

Jangan sampai berhutang demi bisa liburan

Kalau yang satu jangan sampai kau lakukan. Jangan sekali-sekali kamu berhutang hanya demi berlibur. Tindakan ini akan sangat membahayakan bagi keuanganmu. Selain itu, kamu pun dipastikan tidak akan bisa mengatur keuangan dengan cara seperti demikian.

Selain itu, secara psikologis kamu pun akan cenderug menghabiskan semua uang jauh lebih besar dibanding anggaran liburanmu. Karane lokasi wisata amat seru dan menyenangkan, tidak heran bila kamu menghabiskan banyak uang di tempat tersebut.

Berhutang akan berdampak tak baik bagi keuanganmu. Ada baiknya kamu memotong beberapa pos pengeluaran saat berlibur saja. Ini jauh lebih nyaman bagimu. Kamu bisa meotong pos anggaran untuk penginapan atau bahkan transportasi. Seringkali, beberapa orang memutuskan untuk berpindah dari penginapan bintang 3 ke bintang satu untuk menghemat pengeluaran.

Kesimpulan cara mengatur keuangan saat liburan

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatur keuangan saat liburan. Kamu perhatikan beberapa pos pengeluaran supaya kamu tidak mengalami kerugian dalam jumlah besar ketika kamu berlibur. Jangan sampai aktivitas liburanmu menjadi tidak menyenangkan dan berbuah musibah finansial di masa depan. Kamu harus selalu ingat, selepas berlibur kamu masih harus mengurus kehidupanmu. Oleh sebab itu, atur budget pengeluaran selama kamu berlibur.

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara mengatur keuangan saat liburan membutuhkan perhitungan akurat. Beberapa pos pengeluaran peru kamu lihat kembali. Sebisa mungkin kamu potong budget di setiap pos demi mendapatkan harga lebih murah dibanding sebelumnya.

Baca juga: Tempat Wisata di Bali Selain Pantai Kuta

Leave A Response